Laman

Jumat, 21 Agustus 2009

Tips Tetap Sehat Selama Berpuasa

Menjaga kondisi badan tetap sehat dan prima selama berpuasa memang harus kita jalankan sehingga ibadah yang dijalankan senantiasa kuat baik dari segi fisik dll. Agar kondisi kita tetap sehat dan bugar selama berpuasa ada kiat-kiat yang harus kita perhatikan untuk memenuhi hal tersebut diantaranya: Makan makans bergizi, Minum yang cukup, Bangun untuk makan sahur walaupun hanya beberapa suap, Segeralah berbuka disaat waktunya telah tiba untuk berbuka, Untuk mencegah sembelit kita perlu makan sayur dan buah, Minum suplemen dan vitamin; seperti vitamin A, B dan C, Istirahat yang cukup dan lain sebagainya.

  1. Makan makanan bergizi. Agar kondisi kita tetap sehat dan senantiasa prima dalam menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 12 jam, kita dianjurkan untuk senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi. Tidak masalah bila menunya sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap: Protein, Lemak, Karbohidrat, Vitamin dan Mineral. Komposisinya antara lain 50% terdiri dari karbohidrat, 10-15% Protein, 25% Lemak serta vitamin dan mineral yang proposional dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh manusia. Umumnya untuk kategori dewasa terutama pria dewasa itu membutuhkan sekitar 2100 kalori, sedangkan untuk wanita membutuhkan hanya sekitar 1900 kalori. Kalori sebanyak ini bisa terpenuhi dari makanan dan minuman yang disantap saat berbuka puasa, takjilan dan makan sahur. Untuk dapat memakan makanan yang sehat sebaiknya kita memilih makanan yang alami. Misalkan karbohidrat yang diperoleh dari nasi, kentang, jagung atau mie. Protein dapat diperoleh dari daging, ikan, tahu, tempe dll. Sedangkan untuk lemak dapat diperoleh dari kelapa, lemak hewani, dll. Sedangkan vitamin dan mineral bersumber dari sayuran dan buah-buahan seperti bayam, kangkung, pepaya, wortel, pisang dan apel. Agar kita mampu menahan rasa lapar di siang hari, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Karena tubuh kita memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya kita juga menyediakan jenis makanan nyang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh kita tetap segar dan bugar sepanjang hari selama berpuasa.
  2. Minum yang cukup. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi tubuh, kita perlu meminum air putih yang cukup pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktifitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik diruangan ber-AC ataupun tidak. Banyak mengkonsumsi minum air putih pada malam hari dan saat sahur sekitar 2000 ml air sehari (kurang lebih 10 gelas), agar dapat berfungsi sebagai terapi. Namun pengertian minum air tidak selalu minum air putih saja, tetapiminum teh, susu, jus buah, bahkan kuah sayur termaksud air yang kita konsumsi.
  3. Makan sahur, Agar kondisi kita tetap sehat dan bugar selama berpuasa, hendaklah kita bersahur. Walaupun saat sahur kita kurang bernafsu karena masih mengantuk, sebaiknya kita tetap makan secukupnya walaupun hanya beberapa suap, namun jangan berlebihan karean itu tidak baik untuk kesehatan. Rasulullah juga mengajurkan agar kita mengakhirkan waktu sahur atau makan sahur selambat mungkin, kira-kira setengah jam sebelum waktu imsak atau waktu subuh tiba.
  4. Saat waktu berbuka tiba, maka segeralah berbuka. Saat berbuka telah tiba hendaklah kita bersegera untuk melaksanakannya. Namun berbuka puasa dilakukan secara bertahap dan tidak terburu agar lambung kita tidak kaget karena masuknya makanan dan minuman yang terlalu banyak sementara satu hari tidak mencerna sama sekali. Pada saat berbuka, awalilah dengan makanan atau minuman yang hangat dan manis seperti kolak dll, sirup, atau minuman manis lainnya. Dengan demikian lambung kita tidak terlampau berat kerjanya. Untuk meringankan beban kerja lambung kunyahlah makanan dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat.Tetepi jangan mengkonsumsi soda karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut kita. Jangan pula langsung mengkonsumsi minuman yang dingin atau es. Sebaiknya biasakan berbuka dengan minuman yang hangat, perut yang kosong dapat menjadi kembung bila kita langsung berbuka dengan yang dingin-dingin karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbuntuk semakin banyak. Bagi m sehinereka yang berusia lanjut aturlah pola makan saat berbuka dan juga saat sahur sehingga keseimbangannya dapat tercapai.
  5. Konsumsi buah dan sayur. Untuk mengatasi masalah sembelit yang sering terjadi maka konsumsi sayur dan buah itu perlu agar senantiasa masalah sembelit bisa teratasi. Dengan mengkonsumsi makanan berserat dan meminum air atau jus akan menghindari timbulnya sembelit yang tentu bisa sangat menyebalkan.
  6. Memakan suplemen dan multivitamin. Memakan suplemen dan multivitamin itu perlu loch untuk menjaga keseimbangan tubuh kita. Vitamin yang diperlukan tubuh antara lain vitamin A, B dan C. Tapi kalau kita sudah mengkonsumsi buah-buahan berwarna kuning atau merah, sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka kita tak perlu khawatir akan kekurangan vitamin tersebut. Baik juga jika mengkonsumsi Nutrient high calcium (Kalsium I) dan Cordyseps dari Tiasin.
  7. Istiraha yang cukup. Ada baiknya jika kita mengatur waktu untuk beristirahat misalkan istirahat pada siang hari karena beraktifitas disisang hari itu akan menyebabkan banyak keringat sehingga tubuh kekurangan atau bahkan kehilangan cairan elektrolit. Rasulullah SAW bersabda: "dan tidurnya orang berpuasa itu adalah ibadah".
Puasa ramadhan merupakan kewajiban semua umat muslin di dunia, tidak mengenal tua, muda semuanya diwajibkan untuk melaksanakannya tanpa terkecuali sehingga menjadi umat yang bertakwa. Semoga ibadah puasa kita kali ini menjadi lebih baik lagi dari puasa-puasa sebelumnya dan juga semoga ibadah kita diterima Allah SWT, Amien. Ayo semangat jalanin ibadah puasa jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak menjalankan aktifitas lainnya.

Inilah Aku
Me.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar