Laman

Jumat, 07 Agustus 2009

Contoh Proposal Diklat

Membuat proposal untuk kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan hal yang mutlak dan wajib dilaksanakan agar baik itu tujuan, keuntungan dan juga mengenai manfaat dll bisa diketahu dan menjadikan pedoman. Untuk itulah berikut saya coba buat terutama program English Club yang bisa membantu semuanya dalam membuat proposal, berikut contoh proposalnya:

Tahap pertama yang simple adalah membuat pendahuluan seperti yang tertera dibawah ini, setelah itu jika diajukan dari personal ataupun dari dan untuk pribadi sebaiknya mencantumkan nama dan juga latar belakang dari diri kita ya semacam CV aja, coba liha yang tertera dibawah ini: Semoga bermanfaat dan penulisan proposal ini dilakukan dengan cara sederhana tapi tidak mengabaikan tujuan dll dalam programnya yang terperinci.

PENDAHULUAN

SEKILAS TENTANG SAYA

Perkenankan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya Rahman Faisal. Saya lahir di Jakarta, ......................, alamat sekarang saya yaitu Jalan ......................................, Bandung, sedangkan alamat saya di Tangerang yaitu di Jalan ......................................Tangerang 154...... Saat ini saya sedang kuliah saya di ................................semester .... pengalaman dalam mengajar saya masih dalam tingkatan SD yaitu mengajar Bahasa Inggris dan juga ada sebagian yang tingkatan SLTP. Saya juga pernah mengikuti DIKLAT di .......................... tepatnya di daerah ................... (Sebutkan sebanyak yang pernah diikuti) Tangerang yaitu diklat khusus untuk mengajar,dengan tema “ Teaching English to Young Learners/ yang sesuai dengan yang anda ikuti” dimana diklat tersebut diselenggarakan selama 5 hari dengan ujian praktik langsung mengajar Anak-anak tingkat Sekolah Dasar dan SMP.

Tujuan utama saya untuk mengadakan Program Ektra Kulikuler Bahasa Inggris yaitu untuk mengamalkan ilmu yang saya dapat selama kuliah khususnya Bahasa Inggris. Saya memiliki dorongan yang dalam hati saya kuat sekali untuk mengamalkan ilmu yang saya dapat, sehingga apa-apa yang saya dapat selama kuliah bisa bermanfaat karena saya memiliki pandangan ilmu yang didapat itu lebih bermanfaat apabila diberikan kepada orang lain sehingga kelak nanti tidak menjadi sia-sia. Itulah sedikit tentang diri saya pribadi.


LATAR BELAKANG

Bahasa inggris merupakan bahasa global dan bahasa internasional, sehingga keadaan bahasa inggris sangat penting oleh karena itu saya membuat program “English Club For Junior High School”. Dalam era globalisasi ini sungguh sangat berguna jika bisa menguasai bahasa inggris tersebut, bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Sementara itu bagi masyarakat Indonesia khususnya tingkat sekolah dasar pada umumnya belum sepenuhnya menguasai bahasa inggris tersebut, pada tingkat sekolah dasar bahasa inggris belum merupakan sebuah keterbiasaan untuk mengunakannya. Mereka pada ummnya beranggapan bahwa kesulitan untuk mempelajarinya dengan baik serta belum terbiasanya berbahasa inggris, Pada program ini tujuan umumnya adalah memberikan akses kemudahan untuk menguasai bahasa inggris di sekolah masing-masing dan juga menjembatani bagi para siswa dan siswi yang ingin balajar bahasa inggris lebih mendalam di luar jam belajar selama di sekolah.

Visi dari program ini adalah Terciptanya kemampuan Berbahasa Inggris yang Aktif dan mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris, sedangkan misi dari program ini adalah:

  1. Membantu menumbuhkembangkan bahasa inggris yang dimulai sejak dini
  2. Memberikan dan memfasilitasi para siswa/I untuk memudahkan menguasai bahasa inggris.
  3. Mewujudkan keterampilan berbahasa inggris yang efektif.

Program ini akan saling menguntukan antara satu sama lain baik bagi pihak sekolah maupun para siswa dan siswi yang berkenan untuk belajar bahasa inggris yang berupa extra kulikuler bahasa inggris di luar jam belajar pada umumnya. Program ini juga untuk meluaskan kapasitas kemampuan berbahasa inggris dengan lebih mudah dan menarik dengan metode yang lebih mendalam tentang bahasa inggris, secara sistematik dimana antara praktik bericara bahasa inggris dan bukan hanya sebagai pasif skill dalam berbahasa inggris. Program ini ikut berpartisipasi untuk memberikan pengetahuan serta kemampuan berbahasa inggris untuk para siswa dan siswi. Pada tingkat Ujian Nasional bahasa inggris terus mejadi salah satu pelajaran pokok untuk ujian nasional, dengan program ini diupayakan untuk mempermudah dalam menghadapi ujian nasional tersebut. Sebagai sekolah yang merupakan tempat dimana para siswa dan siswi belajar dan juga merupakan wadah utama untuk menuntut ilmu selain di rumah oleh karena itu dalam program ini fungsi sekolah sebagai tempat utama untuk terus meningkatkan pelajaran terutama bahasa inggris.


TUJUAN DAN MANFAAT

Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan bahasa inggris di tingkat Sekolah Dasar secara layaknya pengajar yang Profesional dalam memberikan pelajaran bahasa inggris. Selain itu juga menjadikan para siswa dan siswi Sekolah Dasar bisa menguasai bahasa inggris sejak dini yaitu saat duduk di Sekolah Dasar agar membiasakan berbicara bahasa inggris, untuk nantinya selama proses pendidikan extra kulikuler bahasa inggris ini di fokuskan aga para siswa dan siswi Sekolah Dasar bisa menguasai bahasa inggris dan bisa berbicara bahasa inggris secara aktif. Sedangkan manfaat yang diperoleh baik bagi ABA YPKK maupun mahasiswa dan mahasiswinya tentunya adalah bisa mendapatkan pekerjaan pada pagi harinya dan kuliah pada malam harinya, sedangkan untuk ABA YPKK adalah menjadikan program ini sebagai program yang bisa di andalkan untuk meningkatkan minat belajar dan kemudahan dalam mengakses dan mencari pekerjaan tersebut. Untuk proses ini tentunya tidak semudah membalik telapak tangan akan tetapi perlunya kerjasama antara ABA YPKK dan pihak Sekolah-sekolah Dasar baik dilingkungan sekitar maupuungan sekitar maupun untuk ruang lingkup yang lebih luas lagi pada umumnya.

Dengan diselenggarakan program ini diharapkan pihak sekolah mendapatkan kemudahan serta merasakan manfaat dari program extra kulikuler bahasa inggris. Untuk para siswa dan siswi tentunya mendapatkan akses untuk bisa menguasai bahasa inggris dengan baik dan sesuai dengan keinginan serta sebagai sarana.


MEKANISME PROGRAM

Untuk metode pembelajaran pada program ini lebih mengedepankan unsur inggris aktif artinya para siswa dan siswi diberikan bimbingan untuk berbicara bahasa inggris dan tentunya para fasilitator juga menggunakan minimal 50-70% berbahasa inggris diselingi dengan bahasa Indonesia saat memberikan pelajaran selama proses mengajar. Selain itu para siswa dan siswi diharuskan untuk interaktif agar terciptanya suasana yang kondusif selama proses belajar. Disela-sela memberikan pelajaran para siswa dan siswi diberikan palajaran yang berupa kuis ataupun pertanyaan yang bisa mempengaruhi siswa dan siswi untuk menjawab dengan benar yang berhubungan denaga materi pelajaran, sehingga diharapkan dalam setiap pertemuan para siswa dan siswi bisa mendapatkan pelajaran yang di ingat minimal 50% disetiap harinya. Selain itu program ini diselingi dengan tanya jawab, diskusi dan kerja kelompok disertai praktik berbicara dalam bahasa inggris. Pada pertemuan selanjunya akan diadakan review atau pengulangan tentang pelajaran yang sebelumnya agar pelajaran yang telah diberikan mampu dan terus diingat oleh para siswa dan siswi.


METODE PENGAJARAN

Metode pengajaran yang saya akan berikan menggunakan kombinasi dengan sistem pengajaran kontekstual (CLT: Contextual Learning and Teaching)dan juga menggunakan teknik pengajaran lain agar selama proses pembelajaran suasana belajar menjadi kondusif dan juga mengaplikasikan kriatif dan kritis thinking dan tidak mengindahkan aturan tata krama dan dan sopan santun selama belajar dan juga sopan santun terhadap guru dan lain-lain. Dalam proses pembelajaran saya juga mengunakan media ICT yaitu berupa Blog dimana dalam blog ini para siswa bisa mengetahui pelajaran tambahan dan juga melihat tugas yang akan diberikan. Alasan saya menggunakan media ICT khususnya internet agar para siswa bisa menggunakan media ICT, khususnya internet untuk proses pembelajaran, adapun saya juga menggunakan media Email dimana fungsi email tersebut yaitu untuk pengiriman tugas-tugas yang diberikan dalam program Ektra Kulikuler ini.


MATERI PEMBELAJARAN

Untuk materi pelajaran pada program ini menggunakan buku-buku panduan yang kuantitatif dan produktif, terutama pelajaran yang memenuhi kebutuhan pokok dalam proses belajar. Materi pelajaran ini juga menyesesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut dan juga memberikan materi tambahan yang tidak ada dalam materi disekolah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan para siswa dan siswi. Program ini menggunakan silabus yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan akan bahasa inggris dan juga berdasarkan silabus pada sekolah masing-masing. Untuk setiap pelajaran yang diberikan mengandung unsur kemampuan berbicara, membaca, mendengar dan menulis.

Setiap harinya para siswa dan siswi mandapatkan apa yang telah dipelajarinya dengan baik. Untuk materi yang berhubungan dengan kemampuan berbicara, para siswa dan siswi diberikan bekal untuk berbicara dalam bahasa inggris seperti menyebutkan benda ataupun hal-hal dengan bahasa inggris dan juga memperbanyak kosa kata atau perbendaharaan kata-kata dalam bahasa inggris. Untuk kemampuan membaca para siswa dan siswi diupayakan mampu membaca bacaan yang berbahasa inggris dan juga tentang bagaimana mengucapkan kata dalam bahasa inggris dan pelajaran sejenis ini disebut pronunciation. Sedangkan untuk kemampuan mendengar para siswa dan siswi diajak untuk bisa memahami dan mengerti maksud dan tujuan dari apa yang orang lain ucapkan, dan mengetahui bagaimana pelafalkan atau cara membaca kata tersebut. Dalam memberikan materi para fasilitator membacakan kata atau kalimat lalu para siswa dan siswi harus bisa bagaimana menulis bacaan yang telah diberikan oleh fasilitator. Dan yang terakhir adalah kemampuan menulis bahasa inggris, dalam menulis ini para siswa dan siswi bisa mengerti tentang tata cara menulis dan juga susunan kalimat atau grammar disetiap penulisan baik kalimat maupun paragraph.

Untuk pengajar adalah para mahasiswa dan mahasiswi ABA YPKK, yang masih menjadi mahasiswa dan mahasiswi maupun para alumni ABA YPKK dan sebelum memberikan pelajaran tentunya telah dibekali dengan pengetahuan serta kemampuan yang bisa ditangguhkan. Sebelum mengajar para pengajar diberikan pelatihan khusus oleh dosen kampus terlebih dahulu selama satu bulan dan selain tetap belajar sebagai mahasiswa dan mahasiswi pada umumnya.


TARGET PROGRAM

Target dalam program didasari oleh perjuangan yang tidak berujung artinya program ini akan terus mengarungi para mahasiswa dan mahasiswi baik yang masih kuliah maupun yang telah lulus untuk terus memberikan pendidikan extra kulikuler bahasa inggris tingkat SD dengan segenap perhatian dan kemampuan. Secara prinsip adalah pewujudan dari apresiasi Senat untuk senantiasa membuat program kemahasiswaan yang lebih baik lagi, untuk itu kami harapkan agar bisa terlaksana program ini. Dalam program ini juga untuk mewujudkan dan mempersiapkan SDM yang mampu berbahasa inggris dengan baik dan benar serta bisa menerapkan dalam kehidupan yang lebih baik lagi. Untuk membentuk SDM yang bagus harus perlu proses yang tidak mudah dan harus melewaati tahap demi tahap sehingga terbentuklah SDM yang kompeten dan berkualitas.

Untuk program extra kulikuler bahasa inggris kami memprioritaskan untuk semua siswa dan siswi sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 SD karena pada usia tersebut daya serap atau daya ingat akan pelajaran masih tinggi serta membiasakan untuk bisa menguasai bahasa inggris. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk sekolah tingkat pertama dan menengah atas.


WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan dari program Ektra Kulikuler Bahasa Inggris ini yaitu pade hari Sabtu, karena pada hari sabtu ada baiknya dimanfaatkan untuk kegiatan belajar sehingga tujuan dari proses pembelajaran bisa maksimal. Untuk durasi atau lama proses pelajaran yaitu 40 s/d 50 menit disetiap pertemuannya. Mulai dari jam 9:00 pagi sampai pukul 16:00 jika kelas yang di buka dalam satu hari tersebut sebanyak 4 kelas ataup sesuai dengan jumlah siswa yang mendaftarkan pada program Ektra Kulikuler Bahasa Inggris yang dikoordinir oleh pihak sekolah, akan tetapi untuk formulir yang buat adalah saya pribadi.


HASIL YANG DIPEROLEH

Dalam program Ektra Kulikuler Bahasa Inggris hasil yang diperoleh digolongkan menjadi dua yaitu Hasil yang diperoleh Sekolah dan hasil yang diperoleh Siswa/I:
  1. Hasil yang diperoleh Sekolah yaitu akan tercapainya tujuan pembelajaran khususnya Bahasa Inggris.Memberikan akses penlajaran bahasa inggris sejak usia dini. Melatih dan mengembangkan kemampuan dan juga tingkat keahliannya.
  2. Dengan adanya program ini para siswa dan siswi diharapkan memperoleh:
  • Menambah pengetahuan dan kemampuan bahasa inggris terutama inggris aktif dan juga para siswa dan siswa dapat mengembangkan kemampuannya dengan adanya program ini.
  • Pencapaian kemampuan dan keahlian bahasa inggris yang mudah dan dapat terwujud dengan adanya program ini.
  • Memberikan kemudahan dan memberikan akses dalam membantu meningkatkan mutu dari ujian akhir sekolah atau nasional yang terbaik.

MONITORING DAN EVALUASI

Program ini juga pada nantinya akan diadakan proses monitoring dan evaluasi sejauh mana para siswa dan siswi bisa menguasai bahasa inggris tersebut dan juga mengetahui apakah program ini dimanfaatkan oleh siswa dan siswi dengan baik.

A. Monitoring

Untuk proses memonitoring dapat dilakukan oleh kedua pihak baik dari pihak sekolah maupun pihak penyelenggara (pengajar di Extra Kulikuler Bahasa Inggris). Proses monitoring terdiri dari per 1 bulan, 3 bulan dan per 6 bulan sekali sehingga apakah secara keseluruh kegiatan ektra kulikuler bahasa Inggris sudah mampu diserap dan dimanfaatkan oleh semua pihak atau belum.

B. Evaluasi

Pengevaluasian dapat berupa periodik test artinya evaluasi dilakukan bisa dalam bentuk tes per bulan atau juga bisa dilakukan dengan sistem semesteran dan juga evaluasi berkelanjutan agar program ini berjalan dengan baik pula. Untuk materi tes yaitu terdiri dari serangkaian soal yang terdapat di pelajaran yang telah diberikan sebelumnya. Evaluasi juga dilakukan dalam kerja kelompok dari sini bisa dilihat kekompakan dan juga kerjasamanya sudah bisa terlihat.

PENUTUP

Seluruh rangkaian dari program ini pada hakikatya saling menguntungkan bagi semua pihak serta mampu meningkatkan kualitas bahasa inggris siswa dan siswi di masing-masing sekolah. Program ini dapat terwujud dengan adanya komitmen dan kerjasama yang baik di semua pihak serta dukungan dari para orang tua wali murid. Program ini dibentuk dengan format yang bisa mempermudah para siswa dan siswi dengan iklim pelajaran yang kondusif, interaktif selama proses penyampain materi pelajaran. Terdapat empat kemampuan dalam berbahasa yaitu: Berbicara ( Speaking), Mendengar ( Listening), Membaca (Reading) dan Menulis ( Writing). Semua kemapuanu tersebut saling mendukung dan juga keterkaitan satu sama lain. Metode yang digunakan juga bersifat lebih mengaktifkan para siswa dan siswi selama peyampaian pelajaran tersebut. Sedangkan untuk meteri pelajaran merupakan standar dari pihak penyalenggara dan pihak sekolah yang telah ditetapkan oleh kurikulum yang bersangkutan khususnya bahasa inggris. Segala sesuatu yang direncanakan dengan baik serta dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama pastinyaakan memdapatkan hasil yang baik pula.

Demikianlah proposal extra kulikuler bahasa inggris tingkat sekolah dasar kami buat semoga apa yang telah kita upayakan bisa berjalan sesuai dengan yag kita inginkan. Atas segala perhatian, pertimbangan dan kerja sama yang baik disampaikan terima kasih banyak, dan semoga kita selalu dalam lindungan dan rahmat dari Allah SWT, Amin.


Bandung, 2009

Hormat Saya


Ttd

Rahman Faisal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar